OMG

OMG

OMG = Oh My God, yg saya tulis padahal jelas jelas tadi saya mau menulis pisuhan suroboyo/malangan karena gegara tulisan Amanda Beatty di Jurnal bereputasi berbayar itu saya semalam sejam lebih "ngglebak ngglebek" di ranjang sulit tidur. Mengapa ? Karena pikiran saya sulit diajak istirahat dan semua fakta yg menguatkan kesimpulan Jurnal itu berkelebatan semua.


Saya gelisah, mbuh kok yo cik kobere, mengapa kok bisa terjadi "pembodohan masal" selama 21 Tahun, sejak reformasi dicanangkan. Bayangkan, studi di Jurnal itu membuktikan bahwa kompetensi numerasi murid SMP kelas-1 (grade7) Tahun 2014 setara dengan murid SD kelas 4 di Tahun 2000. Pikiran saya lamgsung menyambung dengan data PISA dan INAP/AKSI terbaru yang cenderung memburuk. Bisa jadi jika diukur saat ini, kompetensi murid SMP tersebut setara dengan muris SD kelas 3.


Mengapa saya berfikir "buruk" seperti itu. WB dlm laporannya ttg Pendidikan Indonesia di awal pandemi 2020 membuat simulasi, gegera pandemi bisa jadi (prediksi akademik) kompetensi murid Indonesia jika uji PISA dilakukan akan turun melebihi 20 points. What a horrible thing, sementara dari pengalaman saya dkk pegiat Gernas Tastaka, kami saksikan bahwa kompetensi mengajar mapel matematika/numerasi guru kelas SD/MI tidak terurus. Sehingga sangat wajar jika murid2nya yg secara potensi semakin pandai (gizi semakin baik) namun dalam hasil belajar semakin "bodoh".


Ingin rasanya tadi malam saya "katarsis" dengan menulis seperti saat ini. Alhamdulillah, mendekati pukul 24.00 rasanya saya terlelap dan dari pagi tadi seharian disibukan dengan urusan menggembirakan. Meskipun mas S Agung Wibowo "mengudal" fakta fakta uji PISA yg diunduh dari laman Balitbang, saya menanggapinya dengan santai dan menutup hari menulis status posting Fb ku.


Jujur, jika kompetensi mengajar guru SD/MI tak segera dibenahi dengan melatih mereka mengajar memakai "pedagogi numerasi" sehebat apapun program Merdeka Belajar, saya septis kompetensi muridnya akan membaik. Karena, merdeka tanpa "isi" yang tepat, hasilnya anarki. Padahal untuk merdeka juga perlu waktu panjang. Jadi, terserahlah... jadi pengen menyanyi lagu "My Way" bareng Frank Sinatra.

1 view0 comments

Recent Posts

See All