Pembangunan Studio Mini NU Circle


Dunia multimedia dan sosial-media menjadi saluran yang sangat efektif dan efisien (murah, mudah dan massal) untuk mendistribusikan pemikiran dan gagasan NU Circle ke masyarakat luas. Agar memiliki daya impak yang besar, maka konten yang didistribusikan harus memiliki kualitas yang baik dan juga memenuhi kebutuhan segmen masyarakat yang dituju.


Dalam mewujudkan visi membangun masyarakat profesional santri nusantara, dimasa depan pertarungan gagasan dan wacana tidak dapat dielakkan. NU Circle harus memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk masuk ke arena tersebut sehingga pemikiran dan gagasan yang digodok dapat diterima oleh masyarakat luas. Disamping itu NU Circle juga dapat melakukan kontra narasi guna merespon narasi - narasi yang secara ideologis berhadapan diametral dengan NU Circle.


Beberapa program NU Circle saat pandemi covid-19 saat ini sangat mengandalkan keberadaan teknologi digital. Sebagai contoh, pelatihan-pelatihan Gernas Tastaka dan sesi introduction Santri Developer yang harus berjalan secara daring karena tidak memunginkan tatap muka. Walaupun memang sangat mengganggu, pandemi ini juga memacu kreativitas. Belum pernah terbayangkan sebelumnya bahwa NU Circle dapat menyelenggarakan banyak event dalam waktu berdekatan dan dengan biaya yang murah. Launching nucareer.id, seri webinar bidang pendidikan, Forum Kesehatan Nusantara 2020, Festival Generasi Emas Indonesia, dan beberapa event lain dapat terselenggara lancar tanpa menimbulkan kerumun.



Berdasarkan pemikiran tersebut, dengan dimotori oleh Tubagus Erdhi Wardhana - Kabid Teknologi dan Multimedia, NU Circle membangun studio mini yang berlokasi di sekertariat Jl. Danau Dibawah No. 40, Bendungan Hilir. Studio ini menempati ruangan kedap suara dengan ukuran 3x4 meter, dengan fasilitas yang dapat dipergunakan untuk membuat berbgai format konten. Mulai akhir Januari seluruh bidang - bidang dalam kepengurusan NU Circle dapat memanfaatkan fasilitas studio mini ini untuk mengeksekusi program.


Dari studio mini ini akan segera lahir Radio Internet: "Suara Profesional Santri" dan TV Streaming NU Circle yang siap menyebarluaskan fikiran, gagasan dan aktifitas pembangkitan masyarakat profesional santri nusantara.

23 views0 comments