Festival Generasi Emas Indonesia


Memasuki awal tahun 2020 sebelum pandemi Covid 19 terjadi Indonesia telah mencanangkan akan menjadi negara maju dengan PDB terbesar keempat di dunia pada 2050. Artinya itu tidak lama lagi. Hanya sekitar 30 tahun lagi sejak saat ini. Kemudian pada tahun 2045 kemerdekaan Indonesia akan memasuki usia 100 tahun. Inilah satu abad perdana bagaimana Indonesia didefinisikan sebagai penanda sejarah perjuangan paska kemerdekaan. Pada tahun itu seperti apakah bangsa Indonesia dan bagaimana situasi Indonesia di antara negara negara didunia dan peradaban dunia


Menuju kearah tersebut, Pendidikan asional menghadapi tantangan yang tak mudah di abad 21 ini. Perkembangan teknologi informasi dan sains digital telah mengubah hampir semua tatanan kehidupan masyarakat. Teknologi menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan sosial masyarakat sehari hari. Banyak pekerjaan manusia digantikan oleh robotik internet, dan nano teknologi. Disrupsi sudah terjadi. Replacement dari human ke teknologi sedang berlangsung.


Namun penyebaran Covid 19 yang telah berlangsung sepanjang tahun 2020 ini berdampak terhadap berbagai sendi kehidupan. Situasi tersebut juga memberikan dampak pada

dunia pendidikan. Kebijakan pemerintah Indonesia dalam menangani hal ini adalah dengan meniadakan seluruh aktivitas pendidikan di sekolah atau di madrasah secara tatap muka Oleh karena itu pemerintah menghadirkan alternatif sebagai kegiatan proses pembelajaran dilakukan dengan cara jarak jauh /daring. Sebuah kebiasaan baru tantangan baru bagi segenap stakeholder pendidikan nasional.


Dalam menghadapi tantangan tersebut, NU Circle sebagai Jaringan Masyarakat Profesional Santri bekerjasama dan didukung penuh oleh Olimpya Kids, menggelar Festival Generasi Emas Indonesia dengan serangkaian aktifitas yang bertujuan untuk pembentukan karakter anak dengan konsep pembelajaran dan kegiatan bermain yang menyenangkan. Didalam pelaksanaannya, FGEI menggunakan platform virtual. Kami hadir sebagai sebuah bentuk partisipasi masyarakat untuk membantu pemerintah, sekolah, dan orang tua, serta hadir sebagai sahabat anak dalam proses pendidikan dan pembentukan karakter mereka di era new normal dan digital saat ini. Acara digelar mulai tanggal 18 - 21 Desember 2020 secara daring.


RANGKAIAN ACARA