Ekspor Perdana Produk Ritel KOPNUC


“Alhamdulillah, bersyukur kepada Allah Subhanallahu Wa Ta ‘ala. NU Circle yang melalui KOPNUC bertindak sebagai agregator bisnis bersama PT PPI dan PT Sarinah, akhirnya berhasil meluncurkan ekspor perdana produk wong cilik melalui PLB ECommerce di Marunda Center, Bekasi, Jawa Barat, 19 Desember 2019”. Produk yang diekspor berasal dari UKM yang tersebar di Bangka Belitung, Jawa Timur, Jawa Barat dan Jawa Tengah berupa kerupuk, lada, camilan, kue, roti, keripik singkong, karak, rengginang, gula-gula dan beberapa produk kerajinan dan fashion.


Ekspor perdana ini terlaksana berkat dukungan dan kerjasama semua pihak seperti KADIN, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perdagangan, Aprindo, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI),PT Sarinah, Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), PT Uniair, dan dukungan pelaku usaha lainnya. Meski masih banyak kekurangan, terutama terkait dengan kualitas kemasan, ekspor perdana ini menunjukkan komitmen NU Circle (KOPNUC), pemerintah dan semua pihak dalam menggerakkan ekonomi kerakyatan.


Ekspor produk wong cilik ini akan menandai gerakan ekonomi warga Nahdliyin di lapis paling bawah. Satu jenis saja produk yang berhasil diekspor akan sangat berarti karena di sana ada ribuan jam kerja dan ratusan keluarga.



4 views0 comments