NU CIRCLE Lakukan Hari Berkabung Nasional Selama 3 Hari

HB Arifien

5 Jul 2021

Melihat perkembangan akhir-akhir ini banyak tokoh bangsa, para dokter dan tenaga kesehatan, serta masyarakat yang terpapar Covid-19 dan meninggal dunia, NU Circle melakukan “Hari Berkabung Nasional” selama tiga hari mulai Senin 5 Juli 2021 hingga 7 Juli 2021.

Melihat perkembangan akhir-akhir ini banyak tokoh bangsa, para dokter dan tenaga kesehatan, serta masyarakat yang terpapar Covid-19 dan meninggal dunia, NU Circle melakukan “Hari Berkabung Nasional” selama tiga hari mulai Senin 5 Juli 2021 hingga 7 Juli 2021.

“Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Kami keluarga besar Masyarakat Profesional Santri (NU Circle) mengucapkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya kepada seluruh keluarga tokoh bangsa, para dokter dan nakes, serta seluruh rakyat yang terpapar dan meninggal dunia karena Covid-19 ini. Doa kami semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, mengasihi dan menyayangi kita semua dan seluruh almarhum/almarhumah. Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita semua dapat beraktifitas, kembali guyup, rukun, damai, dan berprestasi,” kata Ketua Umum NU Circle Dr. R. Gatot Prio Utomo.

Selama tiga hari ke depan, seluruh pengurus dan anggota Masyarakat Profesional Santri diharapkan melakukan hal-hal sebagai berikut:
1. Berdoa kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Besar dan Maha Kuasa di kediaman masing-masing, untuk keselamatan kita semua, kaum muslimin dan muslimat, mukminin dan mukminat, baik yang masih hidup maupun yang sudah wafat. Doa dipanjatkan setiap selesai sholat lima waktu.
2. Melakukan Doa Qunut Nazila di setiap sholat, memperbanyak dzikir dan wirid, memohon perlindungan Allah SWT dari bala dan waba, dari berbagai musibah dan bencana, dan diberi kekuatan menghadapi berbagai ujian.
3. Mendoakan agar para pemimpin kita dapat mengatasi berbagai persoalan bangsa saat ini dengan baik disertai hati ikhlas dan penuh kesabaran.
4. Menyerukan rekonsiliasi nasional dan bersama-sama saling memaafkan kesalahan masa lalu dan bergotong royong mengatasi persoalan bangsa saat ini dan menyongsong masa depan gemilang Indonesia.
5. Melaksanakan protokol kesehatan secara lebih ketat, memakai masker rangkap, sering mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak,menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas keluar rumah dan keluar kota, menjaga kesehatan dengan memperbanyak minum air putih hangat, vitamin, empon-empon dan makanan bergizi, sebagai ikhtiar mencegah penularan Covid-19 secara massive.
6. Menyerukan kepada segenap bangsa Indonesia untuk saling menolong dan membantu sesama, berempati dan peduli, bergotong royong, dimulai dari tetangga terdekat, menanyakan kabar kesehatan dan kondisi makanan, serta senantiasa berkoordinasi dengan aparat pemerintahan terutama di tingkat RT, RW, Kelurahan dan Puskesmas.
7. Mengikuti program vaksinasi nasional secara teratur dan secepatnya dengan tanggap mendatangi berbagai tempat penyelenggaraan vaksinasi di sekitar tempat tinggal masing-masing.
8. Mengusahakan tetap bekerja secara profesional dari rumah dan menjaga keluarga dari paparan virus Covid-19.
9. Selalu mawas diri dan tetap menjadi manfaat bagi orang lain, bangsa dan negara tercinta Indonesia, dengan tetap 5 Bintang Pancasila dan 4 Bintang Akhlak Nabi.

“Semoga Allah SWT melindungi kita semua dari keganasan pandemi Covid-19 ini dan semoga kita dapat keluar dari ujian besar ini sebagai fi akhsani taqwim, insan yang senantiasa bertaqwa,” ujar Gus Pu, panggilan akrab Gatot Prio Utomo.